RSS

Nag. Koto Nan Duo

Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie adalah salah satu Nagari di Kecamatan Batang Kapas yang berusat di kampuang Anakan. Sebelum dimekarkan, nagari ini berada dalam wilayah nagari IV Koto Hilie. sebelumnya nagari di Kec. Batang Kapas terdiri dari 3 kenagarian. dan akhirnya dimekarkan, dan termasuklah nagari Koto Nan Duo IV Koto Hiliah, sebagai Nagari hasil pemekaran di Pesisir Selatan.

Penduduk di Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie dan sebagian besar penduduk di Kec. Batang Kapas berasal dari Kerajaan Sungai Pagu yang merupakan wilayah Kabupaten Solok Selatan saat ini. Yang lebih dikenal dengan masyarakat Banda Sapuluh

Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie terdiri dari 4 kampuang, diantaranya adalah:

  1. Kampuang Anakan
  2. Kampuang Sapan
  3. Kampuang Taluak Kasai
  4. Kampuang Sungai Bungin

Perekonomian Masyarakat Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie, hidup dalam pertanian, perikanan, dan perdagangan. Dalam pertanian sebagian besar menghasilkan Padi. dan sekarang sudah mulai kepada perkebunan, diantaranya Sawit dan Gambir.

Disamping itu masyarakat juga ada yang bergerak dalam bidang industri kecil, seperti Batako di Kampuang Anakan, Tembok di Kampuang Taluak Kasai, Kerupuk Sagu di Kampuang Sapan.

Pariwisata yang terdapat di  Nagari Koto Nan Duo antara lain

  1. Pantai Air Tawar Kampuang Sapan
  2. Pantai Indah Sungai Bungin
  3. Batu Nago Labuang Baruak
  4. Pantai Indah Teluk Kasai

Teluk Kasai,mendengar nama daerah ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang Pesisir Selatan karena daerah ini terkenal dengan keelokan teluknya. Teluk ini terletak di kecamatan Batang Kapas,Kabupaten Pesisir Selatan Propinsi Sumatera Barat.Untuk mencapai teluk yang indah ini dapat melalui darat dan laut. Melalui darat,dari padang menuju ke Painan terus ke Batang Kapas.Setiba di pasar lama Batang Kapas belok ke kanan menuju Anakan,di Anakan belok ke kanan menuju Teluk Kasai, dari sini Desa Teluk Kasai berjarak 3 km lagi.

Jika lewat laut,dari pelabuhan Panasahan Painan kira-kira 30 menit perjalanan dengan Boat, menuju arah selatan. Pantai teluk Kasai ini sangat cocok untuk tempat bersantai keluarga, pantainya yang landai berpasir putih bersih serta ombaknya yang kecil sangat cocok sebagai tempat mandi air laut bagi anak-anak. Siapa yang pernah berkunjung ke Pantai Teluk Kasai ini, suatu saat pasti ingin kembali lagi.  Tak peduli apa itu seorang raja atau pejabat yang pernah datang ke Teluk Kasai, seperti raja Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono IX, dahulu setiap ada kunjungannya ke Sumatera Barat selalu menyempatkan waktu untuk ke Teluk Kasai walau hanya beberapa jam. Hanya sekedar untuk bernostalgia.

Di Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie terdapat pemancar televisi yaitu Stasiun TVRI, yang baru bisa memancarkan siaran TVRI Pusat. Masyarakat berharap agar kedepan bisa memancarkan siaran  TVRI Sumatera Barat.     

 

2 responses to “Nag. Koto Nan Duo

  1. Sukma Efendy

    24 Maret 2016 at 10:48

    Di Anakan ado wisata alam yang alun di kubak, panjat tebing alam di subarang anakan. Ambo dulu pernah lakukan, tetapi sayang Photonyo tingga di Bangko. Kalau di kubak ciek2 masih banyak lai mah Pak eri

     
    • Eri

      26 April 2016 at 22:53

      Terima kasih buat Sukma Efendy atas komentarnya, Nagari Koto Nan Duo (Anakan) memang memiliki potensi alam yang sangat banyak, termasuk potensi wisata. Karena itu sangat perlu partisipasi kita semua dalam menggali dan menngembangkannya untuk kesejahteraan hidup masyarakat banyak. semoga semua itu jadi perhatian dan inspirasi bagi semua pihak.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s