RSS

Nagari IV Koto Hilie

Nagari IV Koto Hilie adalah sebuah nagari di Kecamatan Batang Kapas dengan ibu nagari Pasar Kuok.

Berjarak sekitar 98 km dari pusat Kota Padang, dan 18 km dari kota Painan. Nagari IV Koto Hilie dengan lintang -1,48 (1 ° 28 ’60 S) dan bujur 100,6 (100 ° 35′ 60 E), adalah (aliran) hidrografi terletak di Sumatera Barat, Indonesia

Nagari IV Koto Hilie terdiri dari dari 6 (enam) Kampung yaitu

  1. Kampung Pasar Kuok
  2. Kampung Koto Tuo
  3. Kampung Limau Sundai
  4. Kampung Bukit Tambun Tulang
  5. Kampung Jalamu
  6. Kampung Teluk Betung

Batas – Batas Nagari IV Koto Hilie adalah

1.       Sebelah Utara dengan Kecamatan IV Jurai  Painan

2.      SebelahSelatan dengan Nagari  Koto Nan Tigo IV Koto Hilie

3.      Sebelah  Barat dengan nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie

4.      Sebelah Timur dengan Nagari Sungai Nyalo IV Koto  Mudiek

Mata Pencaharian Masyarakat

Nagari ini terletak di daerah pantai sebahagiannya dan sisi lainnya daerah pertanian, perkebunan. Masyarakat di nagari ini memilik mata pencaharian yang berbeda – beda, untuk yang berada di sisi pantai, sebagai nelayan, dan daerah argaris pertanian dengan profesi petani, guru, wiraswasta, pedagang dan sebagainya, dan untuk daerah perbukitan dengan usaha berladang. Hasil pertanian, dengan lokasi Sago sekitar Koto Tuo, Limau Sundai, Jalamu, Bukit Tambun Tulang dan sebagainya. Padi adalah kebutuhan pokok daerah ini, biasanya dalam setahun dapat panen 2 kali. Untuk daerah perladangan seperti di Bukit Pulai, Kampuang Jambak Pasar Kuok, Koto Tuo, Nunang dan perbukitan di Bukit Tambun Tulang dan sekitarnya. Hasil perkebunan tersebut seperti, cengkeh, pala, karet, kopi, sawit.

Keindahan Nagari IV Koto Hilie dan sekitarnya

Sejak pemekaran Nagari IV Koto Hilie menjadi 3 ( tiga ) nagari yaitu : Kenagarian IV Koto Hilie, Kenagarian Koto Nan Duo IV Koto Hilie, dan Kenagarian Koto Nan Tigo IV Koto Hilie. Masing – masing nagari ini saling berpacu dalam pembangunan dan pengembangan kemajuan peningkatan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan nagarinya masing – masing. Tanah yang luas terbentang sawah yang hijau membuat nagari ini memaparkan senyum yang menawan indah dipandang mata. Tanah yang berbukit yang memanjang dari sebelah utara ke selatan, kita lihat pesona perbukitan di Bukit Pulai memanjang ke arah Kenagarian Koto Nan Tigo sampai Kenagarian Taluak. Suatu pesona yang indah kalau kita berkunjung kesana. Potensi alam yang indah ini dapat dikembangkan menjadi objek wilayah wisata, terutama jika kita berkunjung di Pantai Teluk Kasai maupun di Teluk Tempurung.

Nagari IV Koto Hilie, tidak kalah dengan nagari lainnya di Kecamatan Batang Kapas, dahulunya sebagai pusat kota dari kecamatan Batang kapas ini adalah Pasar Kuok, tetapi sejak adanya pengembangan tata wilayah, pusat pemerintahan berpindah ke Limau Sundai. Di kampung Pasar Kuok dapat kita temui pasar nagari yang sekaligus menjadi pasar induk di kecamatan Batang Kapas, tetapi sangat disayangkan kebersihan dan kenya-manan perlu perhatian dari semua pihak, karena pembuangan sampah, penataan warung pojok di depan pasar membuat mata kita tidak sedap lagi jika memandangnya, semoga budaya bersih dapat ditingkatkan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s