RSS

Warga Segel Kantor Wanag Duku, Dipicu Fasilitas Internet Desa Pinter

21 Apr
Warga Segel Kantor Wanag Duku, Dipicu Fasilitas Internet Desa Pinter

Painan, Padek—Kantor Wali Nagari Duku disegel oleh ma­syarakat Jumat (19/4) kemarin. Akibatnya, aktivitas warga yang ingin mengurus surat terganggu jadinya. Para pendemo dalam orasinya menuntut agar fasilitas internet Desa Pinter  (Punya Internet) harus berada  di Nagari Duku  Tarusan, namun kenya­taan­nya kondisi sekarang sudah dipasang di rumah kediaman wali nagari yang  berlokasi di nagari tetatangga yaitu di Nagari Batu Hampar.

Masa  merasa kesal orasinya tidak tersalurkan karena wali nagari tidak datang masuk kantor, akhirnya menyegel kantor dengan menutup jendela serta diberi palang kayu. Warga juga pasang pamlet yang bertuliskan “Kem­balikan hak kami, wali jangan bo­dohi rakyat,”. Kemudian gam­bar wali nagari  yang ada di kantor ter­sebut dirusak oleh pengunjuk rasa.

Aksi tersebut tidak saja ma­salah internet desa pintar, namun masih banyak masalah lain seperti terhentinya pendistribusian beras miskin (Raskin) di duga dana  belum disetorkan ke pihak Bulog,  maka masyarakat merasa kesal terhadap wali nagari yang dinilai tidak lagi mempedulikan nasib rakyat, apalagi berkembang isu  wali ikut mencalonkan diri untuk calon  legislatif.

Camat Kecamatan Koto XI Tarusan Pessel Hadi Susilo turun ke lapangan  meredakan kema­rahan masyarakat, para pendemo diajak  musyawarah di Masjid Nurul Huda Duku yang ada dekat kantor wali nagari tersebut, men­dengar orasi masyarakat, camat  langsung merespon  positif untuk memindahkan internet Desa Pin­ter  ke Nagari Duku Tarusan.

Kepada masyarakat diminta jangan melakukan anarkis  serta merusak fasilitas umum, ke­mu­dian berikan kesempatan kepada petugas pemerintahan  nagari dapat menjalankan aktivitasnya agar proses pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu. Apa­lagi masih banyak dikalangan masyarakat yang membutuhkan serta berurusan dengan peme­rintahan nagari.

Sementara itu, Wali Nagari Duku Erizal mengungkapkan, pihaknya bersedia  untuk me­min­dahkan internet Pinter itu ke Nagari Duku  bahkan sebelumnya juga sudah dibicarakan  dengan masyarakat namun  karena proses pembebasan tanah yang belum tuntas   dan lokasinya yang belum tersedia sementara didirikan  di rumah wali nagari.

Untuk penyelesaian  kisruh tersebut, pihak pemerintahan Nagari Duku Tarusan Pessel mela­kukan  musyawarah dengan Ba­mus nagari yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, ninik mamak dan Muspika Kecamatan Koto XI Tarusan Pessel  bertempat  di Masjid Nurul Huda Duku.

“Adanya aksi penyegelan yang di­lakukan oleh warga ini ada mua­tan politik,ada orang yang mem­provokasi permasalah ini se­hingga menjadi besar, padahal per­ma­salahan internet desa pintar su­dah ditemui solusinya,” ujarnya. (*)

http://padangekspres.co.id

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 April 2013 in Berita Pessel kini

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s