RSS

Pessel Persiapkan Iven Nasional, Stadion Rangeh Gadang Tunjang Wisata

20 Apr
Pessel Persiapkan Iven Nasional, Stadion Rangeh Gadang Tunjang Wisata

Painan, Padek-Pembangunan sarana stadion olahraga voli pantai akan menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) semakin dikenal.  Sebab olahraga yang identik dengan pariwisata ini, masuk sebagai salah satu iven yang digelar pada Festival Langkisau (FL) yang sudah mengagenda sejak sebelas tahun yang lalu di daerah itu.

Agar pada FL ke XII tahun 2013 kejuaraan voli pantai yang juga digelar memberi nilai tam­bah bagi Pessel dalam hal pari­wisata, sehingga daerah itu me­nyediakan sarana stadion mini voli pantai dengan nama Rangeh Gadang.

Stadion mini yang menelan biaya sebesar Rp 183 juta dengan lokasi di Pantai Sago Kecematan IV Jurai itu, peresmianya dila­kukan Bupati Pessel, Nasrul Abit Jumat (19/4) melalui apel ga­bungan semua SKPD yang juga dihadiri tokoh masyarakat dan tokoh adat nagari Sago Keca­matan IV Jurai.

Bupati Pessel, Nasrul Abit dalam kesempatan itu me­nga­takan  bahwa stadion voli pantai memang telah lama didambakan oleh masyarakat. Sebab dengan ketersedian sarana itu, semangat dan motivasi generasi muda akan semakin tinggi dalam mengem­bangkan berbagai olehraga, ter­masuk olahraga voli pantai.

“Selain memberi nilai tambah bagi daerah dalam mem­pro­mosikan potensi pariwisata, keberadaan stadion ini juga bisa melahirkan atlit-atlit potensial untuk  mengharumkan nama daerah di berbagai iven, baik tingkat provinsi maupun na­sional,” katanya.

Dari itu ketersedian sarana yang refresentatif perlu ada, sebab Pessel juga tengah me­ngusulkan ke pada pusat agar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diadakan di Sumbar nanti menempatkan pertandingan voli pantai di Pessel.

Ditambahkanya bahwa Pan­tai Sago merupakan salah satu destinasi wisata di Pessel, sebab lokasi kawasan itu memiliki panorama alam yang indah. Selain itu  ombaknya juga  tenang dengan lokasi pantai yang landai. Se­hingga tidaklah mengherankan kalau pantai Sago ini selaku dibanjiri pengunjung baik dalam maupun luar daerah.

“Voli Pantai tingkat nasional pada FL ke XII ini, akan digelar  pada 25-28 April mendatang. Hingga hari ini (kemarin red) sudah 20 tim yang melakukan pendaftaran. Meraka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.  Selain voli pantai, paralayang juga masuk sebagai salah satu agenda yang akan diper­tan­ding­kan. Namun olahraga ke­dir­gan­taraan yang berlokasi di puncak Langkisau Painan ini tarafnya setingkat internasional,” ujar Kadispogbudpar Pessel, Naswir dengan didampingi Kabid Olah­raga, Nasral.(***)

http://padangekspres.co.id

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 20 April 2013 in Berita Pessel kini

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s