RSS

Listrik Tenaga Hidro akan Dibangun di Batang Kapas

02 Okt

PT Ilustrasi Pasokan Listrik (sumber: The Jakarta Globe)Exploitasi Energi Indonesia (E2I) berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat.

“Kita menanamkan investasi senilai US$3 juta, untuk membangun pembangkit Tenag Listrik Mikro Hidro (PLTMH) di Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan,” kata Presiden Direktur PT E2I, Iqbal R Wilis, di Padang, Senin (8/10).


Menurutnya, pembangunan PLTMH rencananya akan dijalankan oleh anak perusahaan PT E2I bernama PT Pembangkit Listrik Induring.

“Adapun lokasi pengerjaan PLTMH yang akan dilakukan anak perusahaan PT E2I berada di Kampung Induring, Kecamatan Batang Kapas,”katanya.

Proyek PLTMH rencananya akan dibangun selama 24 bulan dan ditargetkan selesai dikerjakan akhir 2014.

“Proyek PLTMH ini mampu menghasilkan daya sebesar 1,2 MW,” kata Iqbal.

Sementara itu Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit mengakatan, Pemerintah menyambut baik rencana PT E2I yang akan membangun PLTMH di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Pemerintah sangat butuh kehadiran investor bidang energi di Kabupaten Pesisir Selatan, khususnya PLTMH,” katanya.

Menurutnya, perkembangan jaringan listrik di Kabupaten Pessel masuk kategori tertinggal dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat.

Tidak adanya Gardu Induk (GI) serta rentang suplay arus yang sangat jauh dari GI pemasok asal menjadikannya daerah kategori pemadaman terparah.

“Jumlah pusat daya listrik di Pessel 45 unit, dengan kapasitas terpasang 8.285 KW, kemampuan maksimal 4.545 Kw, dan beban puncak 735 Kw,”ungkapnya.

Rencana pembangunan PLTMH di Kabupaten Pesisir Selatan akan mampu menghemat pemakaian BBM serta mempercepat penambahan rasio elektrifikasi.

“Pembangkit senilai USD 3 juta itu dapat mengurangi pemakaian BBM untuk kebutuhan pembangkit yang menggunakan diesel,” kata Nasrul Abit.

http://www.investor.co.id

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Oktober 2012 in Batang Kapas Pessel

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s