RSS

Sambut Ramadhan dengan Tradisi Balimau Paga

20 Jul

Tradisi balimau paga setiap tahun menjelang masuk Ramadhan masih tetap dilaksanakan dibeberapa nagari di Pesisir Selatan. Acara Balimau Paga yang dihadiri para pejabat tersebut berlangsung menjelang masuknya shalat magrib, diawali dengan penilaian limau peserta Balimau Paga yang hadir, penyerahan hadiah kepada pemenang dan diakhir acara, kegiatan balimau dimulai oleh para pejabat tersebut yang dilimaukan oleh bundo kanduang nagari yang bersangkutan dengan limau paga yang telah disiapkan untuk itu.

Menjelang Ramadhan 1433 H/2012 M tahun ini, Kamis (19/7) tradisi Balimau Paga kembali digelar di beberapa tempat. Di kampung Anakan Nagari Koto Nan Duo Kecamatan Batang Kapas acara Balimau Paga dihadiri oleh Wakil Bupati Editiawarman beserta isteri didampingi oleh Kepala Dinas Sosnakertrans Zefnihan, Kepala Kantor Perizinan Azral dan Kabag Umum Darmadi, Camat Zulkfili, Muspika, ninik mamak, Wali Nagari se kecamatan Batang Kapas dan tokoh masyarakat setempat.

Peserta Balimau Paga tahun ini di kampung Anakan Nagari Koto Nan Duo Kecamatan Batang Kapas diikuti oleh 12 pasang pengantin. Pada sore itu setelah dilakukan penilaian oleh tim juri keluar sebagai Juara I Limau Paga milik pasangan Ol, juara II Limau Paga milik Epis/Mersi dan Juara III jatuh kepada Limau Paga pasangan Anton/Inci.

Wakil Bupati Pesisir Selatan Editiawarman pada kesempatan itu dalam pengarahannya mengatakan, Balimau Paga merupakan bagian dari adat yang harus dilestarikan dan dipertahankan agar tidak hilang dan diperngaruhi oleh perkembangan zaman, karena tujuannya adalah untuk membersihkan diri, khusus dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan dengan harapan diri yang bersih dan suci amal ibadah selama ramadan akan di diterima oleh Allah SWT.

“Diutamakan peserta Balimau Paga ini pengantin baru tujuannya adalah agar dengan balimau ini bisa mensucikan diri dengan harapan pengantin yang balimau tersebut bisa terjaling hubungan silaturrahmi nya kususnya suami isteri lebih luas lagi dengan keluarga dan masyarakat“, katanya.

Pada waktu yang sama  acara Balimau Paga juga diadakan di Indera Pura Kec. Pancung Soal yang dihadiri oleh petinggi Pemda Kab. Pesisir Selatan Bupati Nasrul Abit beserta istri didampingi oleh beberapa orang Kepala Dinas. Bahkan juga dihadiri oleh Bupati Kerinci Provinsi Jambi dan Bupati Muko-Muko Provinsi Bengkulu. Kemudian di Balai Selasa Kecamatan Ranah Pesisir, acara Balimau Paga dihadiri oleh Sekda Ir.Erizon, MT, bersama beberapa orang Kepala Dinas.

Source: http://pesisirselatan.go.id

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 20 Juli 2012 in Sosial Budaya

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s