RSS

Tanam Perdana di Sawah Nagari Taluak Tigo Sakato

05 Apr

BATANG KAPAS, SO–300 hektar hamparan sawah di Nagari Taluak Tigo Sakato dilakukan tanam perdana. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat menghadiri Musrenbang langsung menuju Batang Kapas didampingi Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit, Kadis Pertanian Pessel Ir.Afrizon Nazar telah melakukan tanam perdana padi sawah di Kelompok Tani Rimbo Apa, Nagari Taluak Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan.

Penanaman perdana yang dilakukan itu merupakan varitas unggul Inpari 12 tahap uji coba untuk kawasan Pessel, menurut rencana uji coba ini akan dilakukan pada 12 kelompok yang luas hamparannya mencapai 300 Hektar. Tanam perdana itu juga disaksikan Kepala BPTP Sumbar, Muspika, Wali nagari dan tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Irwan Prayitno juga serahkan bantuan kepada 12 kelompok tani, masing masing Rp 64 juta. Bantuan tersebut akan dipergunakan untuk pelaksanaan uji coba bibit padi varitas unggul. Gubernur dalam sambutannya mengatakan, bahwa Sumbar punya target untuk meningkatkan produksi padi. Agar swasembada terus berkelanjutan untuk masa mendatang.

“Kita bertekad untuk peningkatan produksi padi yang mana awalnya hanya 5 ton/Ha menjadi 7 atau 8 ton/Ha,” harapnya. Menurutnya harapan ini akan menjadi nyata, karena pemerintah juga berupaya terus untuk memberikan bantuan baik berupa alsintan, benih, pupuk dan obat-obatan lainnya. Untuk itu kita berharap kepada petani untuk keseriusan dalam mengolah dan menggarap lahannya.

“Sebagaimana keberhasilan produksi padi di kabupaten/kota lainnya, seperti di Tanah Datar mencapai 8 dan 9 ton/Ha nya,” terangnya.

Source: http://www.sumbaronline.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 April 2012 in Pertanian

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s