RSS

Pemilihan Wali Nagari Pemekaran Tuntas Menjelang Akhir Desember

17 Des

Painan, Desember–Pemerintah daerah kabupaten Pesisir Selatan provinsi Sumatera Barat (Sumbar), tergetkan pemilihan terhadap 106 wali nagari pemekaran tuntas menjelang akhir Desember. Dengan tuntasnya pemilihan wali nagari defenitif atau pemerintahan terendah ini, maka pelantikanya juga bisa terselesaikan agar pada awal tahun 2012 semua nagari itu sudah bisa menjalankan progam pembangunan yang sudah direncanakan.

Bupati Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Nasrul Abit kepada pesisirselatan.go.id menjelaskan, dengan tuntasnya pemilihan hingga pelantikan wali nagari sebagai mana target hingga akhir Desember ini, maka jumlah pemerintahan terendah di Kabupaten Pesisir selatan akan menjadi 182 nagari.

“Jumlah ini dinilai sudah mendekati jumlah ideal sebagai mana masa pemerintahan desa dulunya. Namun tidak tertutup pula kemungkinan bagi nagari yang memiliki persyaratan untuk tidak melakukan pemekaran. Sebab peluang itu tetap ada selagi memenuhi ketentuan dan kriteria sebagai mana Perda Pemerintahan Nagari dan Peraturan Pemerintah,” jelasnya.

Dijelaskanya, pemekaran nagari sudah dilakukan di Pessel sebanyak dua tahap. Pada tahap pertama tahun 2005 pemekaran dilakukan terhadap 40 nagari, sehingga saat itu jumlah nagari yang sebelumnya 36 menjadi 76 nagari. karena tingginya tingkat kebutuhan dalam hal pelayanan serta pemerataan pembangunan sebagai mana usulan masyarakat, sehingga tahun 2011 ini kembali dilakukan pemekaran.

“Dari pemekaran itu, sehingga terjadi penambahan jumlah nagari dari 76 menjadi 182, sebab pemekaran dilakukan terhadap 106 nagari di 11 kecamatan dari 12 kecamatan yang ada,” jelasnya.

Ditambahkanya, saat ini masih ada beberapa kecamatan yang belum menuntaskan pemilihan wali nagari defenitif. Diantaranya kecamatan Lunang Silaut dan Ranah Pesisir. “Namun ini hanya persoalan penjadwalan saja, sebab tidak ada persoalan yang menghambat. Berdasarkan laporan, dua kecamatan ini sudah menjadwalkan pemilihanya menjelang akhir Desember ini,” ungkapnya.

Camat Lunang Silaut, Darwis, ketika dihubungi pesisirselatan.go.id menjelaskan, pemilihan wali nagari pemekaran di kecamatan itu akan dilaksanakan tanggal 26 Desember nanti. “Dengan selesainya pemilihan wali nagari hingga pelantikan sebagai mana direncanakan itu, maka jumlah pemerintahan terendah di kecamatan ini menjadi 20 negari. Sebab pada pemekaran nagari tahun 2011 ini, nagari yang dimekarkan sebayak 15. Sedangkan nagari lama atau induk sebanyak 5 nagari,” jelasnya.

Ditambahkanya, selain pemilihan terhadap 15 wali nagari pemekaran, di kecamatan ini juga ada 1 nagari lama yang habis masa jabatanya, sehingga yang akan melakukan pemilihan wali nagari (Pilwanag) pada tanggal 26 Desember itu sebanyak 16 nagari,” tutupnya.

Source: http://pesisirselatan.go.id

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Desember 2011 in Berita Pessel kini

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s