RSS

Bantuan PKH Dikucurkan di Kecamatan Batang Kapas

20 Sep

Empat Kecamatan Pengembangan Wilayah Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mulai direalisasikan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Pesisir Selatan Drs. Editiawarman, M.Si yang hadir pada Pencairan Dana Bantuan PKH bagi Rumah Tangga Sangat Miskin di Kecamatan Batang Kapas pada Selasa (13/9).

Lebih jauh Wabup Drs.Editiawarman berpesan kepada RTSM penerima manfaat, bahwa PKH merupakan Program Pemerintah di bidang perlindungan sosial yang memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah mengubah perilaku, memutus rantai kemiskinan dalam jangka panjang dan untuk pencapaian tujuan pembangunan Milenium MDGs (Milenium development Goals) .

Pencairan Bantuan PKH Tahap I di kecamatan Batang Kapas juga ini merupakan serangkaian kegiatan Sosialisai yang digelar oleh pihak Kecamatan Batang Kapas dan dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Pesisir Selatan selaku Leading Sektor Program Keluarga Harapan (PKH).

Pada acara tersebut turut dihadir oleh UPTD Dinas Pendidikan dan Wali Nagari Se Kecamtan batang kapas serta Penerima Manfaat PKH yaitunya Rumah Tangga sangat Miskin yang ada di kecamatan Batang KapasKegiatan yang dilaksanakan di MEsjid Muhammadiyah Batang Kapas tersebut merupakan Prakarsa dari pihak Kecamatan Batang Kapas.

Camat Batang Kapas Drs. Darmadi menyampaikan kepada RTSM, agar dapat menggunakan bantuan PKH yang didapat sesuai dengan kriteria Kesehatan dan Pendidikan. “Jangan ada penggunaan bantuan untuk keperluan konsumtif belaka,” ujar Camat Teladan ini.

Darmadi juga menjelaskan bagaimana pengalaman beliau selama di Kecamtan Lunang Silaut dalam memberikan pemahaman kepada RTSM  penerima PKH dan melaksanakan pengelolaan PKH bersama Stake Holder dan Pendamping PKH.

Dalam Kegiatan tersebut, diawali dengan Pemaparan tentang PKH oleh Wakil Bupati Drs. Editiawarman, M.Si dan dilanjutkan dengan Sosialisasi bagi penerima Manfaat PKH yang disampaikan oleh Tim UPPKH Kabupaten Pesisir Selatan. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati juga menyampaikan kegunaan dan kewajiban bagi RTSM penerima manfaat PKH.

Kepala Dinas Sosnakertrans Kabupaten Pesisir Selatan Zefnihan, AP, M.Si menyambut baik kegiatan ini. Dengan kegiatan ini kita berharap agar Program Keluarga Harapan semakin dipahami oleh semua stakeholder yang bertanggung jawab, dan tidak ada lagi anggapan bahwa PKH merupakan Tanggung Jawab Dinas Sosial semata, ujarnya.

Turut hadir pada Acara tersebut Tim dari Dinsosnakertrans yaitunya Kabid Penanganan Masalah Sosial Drs. Islahuddin dan Kasi Kesejahteraan Sosial Haswandi, SH.

Lebih jauh ditegaskan oleh Kadinsosnakertrans bahwa untuk tahun 2011 Kabupaten Pesisir Selatan mendapatkan Penambahan kecamatan pengembangan PKh yaitunya Kecamatan Bayang Utara (174 RTSM), Kec. IV Jurai (628 RTSM), Kec. Batang Kapas (366 RTSM) dan Kecamatan Ranah Pesisir (191 RTSM). Pembayaran Tahap I ini dimulai sejak tanggal 10 s/d 20 September 2011 yang pelaksanaan pembayarannya dipusatkan di kantor pos.

“Bantuan yang diberikan kepada penerima manfaat bervariasi antara Rp600 sampai Rp2,2 juta pertahun. Kita berharap kepada masyarakat penerima manfaat agar mempergunakan sebaik-baiknya  sesuai tujuan dari program tersebut adalah untuk membantu pendidikan anak usia SD sampai SLTP dan Kesehatan bagi Bumil/Nifas serta anak bayi dan balita,” tutupnya.

Pada kegiatan ini juga ditandai dengan penyerahan secara simbolis bantuan PKH kepada salah satu Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Beliau juga berpesan agar bantuan tersebut digunakan untuk kepentingan pendidikan dan kesehatan, ujar Editiawarman.

Sosialisasi PKH

Kesempatan tersebut juga digunakan sebagai kegiatan Sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH) yang diberikan oleh Koordinator UPPKH Kabupaten Pesisir Selatan, Dona Satria Putra, S.Kom.

Lebih jauh ditegaskan, bahwa RTSM harus memenuhi komitmen sebagai peserta disamping Hak yang mereka selama satu tahun yang dicairkan dalam 4 tahap pencairan dana.

Penekanan terhadap perilaku RTSM untuk dapat menjalankan Program pemerintah dalam bidang Keluarga Berencana juga disampaikan, karena Program Keluarga Harapan secara perhitungan hanya memberikan bantuan kepada RTSM dengan memiliki 3 anak per RTSM (1 Balita, 1 SD, 1 SMP). RTSM Penerima manfaat juga akan didampingi oleh pendamping kecamatan sebagai motivator dan pengarah kepada RTSM yang dikarenakan keterbatasan yang mereka miliki.

Setelah pelaksanaan kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada RTSM yang dikoordinir oleh Pendamping PKH Kec. Batang kapas yang berjumlah 2 orang yaitu Feby Rifli, SH dan Irdam Nova, ST. pembayaran dipusatkan di kantor pos kecamatan Batang Kapas Pasar Kuok.

http://www.sumbaronline.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 20 September 2011 in Berita Batang Kapas Kini

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s