RSS

Kunjungan Wisata Pessel Meningkat Tajam Pada Lebaran

18 Sep

Pulau Cingkuak

Painan (Sumbar), BAKINNews—Kunjungan wisatawan keberbagai objek wisata di Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) selama Lebaran Tahun 2011 mencapai 95 ribu orang. “Kunjungan wisata ke objek wisata yang ada di Pesisir Selatan pada lebaran tahun ini diluar dugaan. Setidaknya terjadi peningkatan sekitar 100 persen dari tahun sebelumnya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pesisir Selatan, Iqbal Rama Dipayana, di Painan, Sabtu (10/9).

Ia mengatakan, lebaran tahun lalu pengunjung ditaksir berjumlah tiga ribu-lima ribu orang, sedang tahun ini mencapai rata-rata 13 ribu-15 ribu pengunjung per hari. Jika dihitung selama tujuh hari lebaran mencapai 95.000 pengunjung. Ini terlihat dari jumlah karcis yang beredar dipintu masuk dan parkir kendaraan kawasan wisata. Ledakan wisatawan terjadi pada H+1 sampai H+ 3.

Objek wisata yang menjadi tujuan pengunjung, Pantai Carocok Painan, Puncak Langkisau Painan, Jembatan Akar Bayang Utara, Pasir Putih Kambang, Teluk Tempurung Batang Kapas, Bukit Taratak Indah Sutera dan kawasan bahari Mandeh, Pulau Cubadak dan sejumlah objek wisata lain.

Yang paling banyak dikunjungi wisatawan lebaran ini, Pantai Carocok Painan dan Puncak Bukit Langkisau mecapai 50 ribu orang. Dua objek wisata itu tempatnya berdekatan atau masih satu kawasan, selebihnya Pantai Pasir Putih 23 ribu orang dan sejumlah objek wisata lain, kata Iqbal.

Menurut dia, Pantai Carocok merupakan salah satu lokasi andalan wisata kebanggaan Pesisir Selatan yang memliki sejumlah pemandangan indah dan bahari. Dikawasan itu juga terdapat berbagai macam permainan anak-anak, permainan air dan jet sky. “Banana boat dan jet sky, merupakan andalan permainan baru yang disuguhkan di Pantai Carocok Painan sejak setahun ini. Dua permainan air itu merupakan favorit pengunjung, yang berhasil menarik perhatian wisatawan puluhan ribu ketempat tersebut,” ujar Iqbal.

Disana, juga dijumpai beragam panorama laut, mulai keindahan pantai, jembatan asmara atau jembatan yang menghubungkan batu kareta (batu berbentuk sepeda) dengan pulau karang diseberangnya dan Pulau Cingkuak yang bisa dicapai dengan perahu nelayan. Dari sana, dengan jarak yang hanya puluhan meter saja, pengunjung juga bisa tiba di Puncak Bukit Langkisau. Disana pengunjung dapat melihat pemandangan yang luar biasa indahnya sambil menunggui anak-anaknya bermain dengan berbagai macam permainan yang tersedia.

Dilokasi tersebut, para wisatawan juga bisa menikmati indahnya laut Pesisir Selatan. Para penggemar olahraga paralayang juga bisa menampilkan kebolehannya untuk terbang, karena dilokasi itu juga tersedia. Tempat itu sering dipakai sebagai lokasi kegiatan Nasional paralayang setiap tahunnya.

Selain itu, daerah ini juga memiliki wisata panorama alam lain, seperti Jembatan Akar, air terjun Timbulun, dan Palangai Gadang. Sedang objek wisata budaya seperti Rumah Mandeh Rubiah, Istana Raja Indera Pura, makam Cindua Mato dan komplek makam Sultan Perhimpunan Alam di Lunang Kecamatan Lunang Silaut.

http://www.bakinnews.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 September 2011 in Berita Pessel kini

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s