RSS

Peresmian 106 Nagari Baru di Pessel

26 Agu

Peresmian 106 nagari pemekaran

Kabupaten Pesisir Selatan resmi memiliki 182 pemerintahan nagari seiring diresmikannya 106 pemerintahan nagari baru hasil pemekaran,oleh Bupati Pesisir Selatan, H. Nasrul Abit yang berlangsung Jumat (26/8) di Kecamatan Batangkapas . Sebelumnya, jumlah pemerintahan nagari di kabupaten ini hanya 76 nagari. Sebanyak 106 nagari baru hasil pemekaran di Pesisir Selatan itu sudah disahkan oleh DPRD pada beberapa bulan lalu.

Pelaksanaan peresmian ini dilakukan secara serentak se Pesisir Selatan. Karena itu, pelantikan yang di pusatkan di Batangkapas itu harus diikuti seluruh Penjabat Sementara (Pjs) Wali Nagari pada nagari-nagari baru tersebut. Selain juga dihadiri oleh kepala-kepala SKPD, jajaran dinas dan instansi dan pejabat pemerintahan serta seluruh camat se Pesisir Selatan.

Diresmikannya ke 106 nagari baru hasil pemekaran ini bermaksud agar pemerintahan nagari ini bisa menjalankan fungsi pemerintahan secara optimal, dengan sebelumnya telah mempersiapkan semua persyaratan adminis­tratifnya supaya kelem­bagaan pemerintahan nagari baru tersebut dapat berjalan semestinya. Setelah peresmian ini, Pjs Wali Nagari baru telah bisa melanjutkan tugas di nagari masing-masing.

Pemekaran nagari-nagari yang ada ini ternyata disambut baik oleh masyarakat, ini dibuktikan dengan selesainya pemekaran 106 nagari dalam waktu yang tidak terlalu lama dengan proses pemekaran yang berjalan lancar tanpa ada masalah yang menghambat.

Pemekaran peme­rintahan nagari tersebut pada prinsipnya bertujuan untuk meng­optimalkan pelayanan kepada masyarakat dengan memper­pendek rentang wilayah. Masyarakat merasakan susahnya memperoleh pelayanan, karena jarak yang jauh menghabiskan waktu dan biaya yang banyak untuk transportasi. Dengan diresmikannya nagari pemekaran ini diharapkan akan semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, guna memacu percepatan pembangunan daerah.

Dengan telah diresmikannya peme­rintahan nagari baru tersebut maka pemerintahan nagari di Kabupaten Pesisir Selatan akan ada sebanyak 182 nagari , yang terse­bar di dua belas kecamatan.

Dalam arahannya, bupati menginstruksikan pada seluruh camat untuk segera melantik Penjabat Sementara (Pjs) Walinagari di kecamatan masing-masing dalam waktu dekat agar roda pemerintahan di kenagarian baru hasil pemekaran segera berjalan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 Agustus 2011 in Berita Pessel kini

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s