RSS

Wabup Hadiri Pelewaan Datuk Rajo Lenggang Nan Mudo

25 Agu
Memasuki umur 32 tahun, Ulil Amri S.Sos.I dipercaya menjadi penghulu kaum suku Jambak dengan gelar Datuk Rajo Lenggang Nan Mudo. Gelar ini secara resmi dilewakan di rumah gadang suku Jambak Kampung Sungai Nyalo Nagari IV Koto Mudik Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan oleh ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN), Drs Lukman yang diwakili Jamaris Datuk Bagindo Sati, Kamis (14/4).
 
Acara pelewaan ini dihadiri Wakil Bupati Pessel, Editiawarman beserta rombongan, anggota DPR Sumbar, Novril Anas, Muspika Batang Kapas, seluruh Walinagari se kecamatan Batang Kapas, kepala kampung se kenagarian IV Koto Mudiak serta undangan lainnya.
 
Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Pessel, Editiawarman menyampaikan, bahwa memberikan ucapan maaf kepada seluruh undangan atas ketidakhadiran Bupati Pessel Nasrul Abit, karena Bupati sedang melaksanakan tugas yang tidak bisa ditinggalkan.
 
“Kehadiran saya disini tidak asing lagi, karena sebelumnya saya juga pernah bertugas disini sebagai Camat Batang Kapas, tentunya hadir disini boleh dikatakan pulang kampung,” tuturnya.
 
Ditambahkan lagi, hendaknya kepada sdr Ulil Amri, S.Sos.I yang baru saja mendapatkan amanah sebagai penghulu kaum suku Jambak dengan gelar Datuak Rajo Lenggang Nan Mudo mampu menjalankan amanah ini dalam memimpin kaum, anak keponakan kearah yang lebih baik serta bekerja sama dengan penghulu yang ada di kenagarian IV Koto Mudik.
 
“Hendaknya kehadiran sdr Ulil Amri mampu mewarnai pada KAN yang ada kearah yang lebih baik, tentunya sesuai aturan dan undang-undang yang ada, serta mampu mengaplikasikan adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah,” ujarnya.
 
Menurutnya, pemerintah kedepan terus berupaya melestarikan adat Minangkabau serta kembali ke surau. Hal ini tentunya menjadi tugas bersama untuk membawa masyarakat Pessel kedepan dalam menanamkan nilai nilai budaya Minang.

source: http://www.sumbaronline.com/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 25 Agustus 2011 in Berita Batang Kapas Kini

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s