RSS

Pantai Taluak Tampuruang Batang Kapas

24 Agu

Potensi Wisata Masa Depan

Taluak Tampuruang

Taluak Tampuruang, begitu orang-orang menyebutnya, mengingatkan kita pada pantai berpasir putih yang dihiasi sebuah pulau kecil diujung muara sungai Batang Kapas. Dengan ditumbuhi pohon-pohon kelapa pulau kecil ini kelihatan sangat indah dan terasa sangat nyaman dan menyenangkan. Di sekitar itu terdapat pantai yang indah dan landai dengan deburan ombak yang  berkejaran, menepi membasahi pasir. Pantai dengan pasir yang bersih disertai angin yang sepoi-sepoi sangat cocok untuk tempat wisata keluarga. Sungguh sangat indah untuk tempat penyegaran, melepaskan kejenuhan dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Disamping duduk-duduk bersantai, menikmati pemandangan laut luas membiru, pengunjung bisa berjalan menyusuri tepi pantai. Anggota keluarga lainnya bisa bermain dilapangan pasir yang luas, atau mandi-mandi dan berenang di air laut.

Menurut sebagian penduduk setempat ada yang mengatakan lokasi ini disebut Taluak Tampuruang karena dahulu kala di pantai ini terdapat banyak tempurung yang terdampar, maka oleh yang tua-tua dahulu diberi nama pantai ini Pantai Taluak Tampuruang. Sebagian lagi ada juga yang mengatakan, orang-orang tua dahulu memberikan nama Taluak Tampuruang dikarenakan bentuk teluk ini yang setengah lingkaran mirip setengah tempurung kelapa.

Pantai taluak Tampuruang

Tapi tempat wisata ini bisa dikatakan belum tersentuh perawatan dan pengembangan lebih lanjut. Sungguhpun kita perlu mempertahankan objek-objek wisata yang alami, namun sentuhan-sentuhan untuk melengkapi sarana wisata tetap diperlukan. Untuk lebih nyamannya menikmati keindahan alam pantai nan mempesona ini akan lebih baik bila dilengkapi dengan fasilitas fasilitas yang diperlukan. Untuk mudahnya wisatawan sampai ke lokasi sarana transportasi sangat butuh perbaikan. Pantai Taluak Tampuruang menyimpan potensi wisata yang perlu dikembangkan kedepannya.

Seandainya pasang surut, jalan menuju ke lokasi yang lebih dekat bisa melalui muara Sungai melewati perkampungan nelayan di Muaro Batang Kapas, tapi bila pasang naik, kita cukup bisa memandang dan menikmati keindahan pulau kecil itu dengan pantainya yang menakjubkan.

Pasir Pantai Taluak Tampuruang

Untuk pasti bisa sampai  ke Pantai Taluak Tampuruang ada jalan lain. Bila dari arah Painan menuju Batang Kapas terus kearah Taluk , sebelum sampai di Taluk tepatnya di tikungan Kampung Sungai Pampan, belok ke kanan memasuki jalan tanah melewati perkebunan kelapa dan terus menyusuri pantai sampai ke Taluak Tampuruang.

Daripada hanya lewat saja, bila punya waktu, lebih baik singgah dulu ke Taluak tampuruang. Atau mungkin sudah punya rencana? Nah kunjungilah pantai Rang Batang Kapas ini. Selamat berwisata!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 24 Agustus 2011 in Batang Kapas Objek Wisata

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s