RSS

Keberhasilan Nagari Simarasok Patut Ditiru

24 Agu

Rombongan yang membawa Piala Bakti Adiprada yang diraih nagari Simarasok sebagai Nagari berprestasi tingkat Nasional Tahun 2011 dari Mendagri, tiba di Bandara Internasional Minangkabau(BIM)Jumat(19/8).

Kedatangan rombongan yang dipimpin Bapak Bupati Agam Indra Catri itu, disambut kalungan bunga oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, ketua Tim penggerak PKK Sumbar Ny Nevi Zuarina Irwan Prayitno, BPM Sumbar Irwan Khairul Ananda. Turut hadir di BIM,jajaran satuan kerja perangkat daerah Pemkab Agam yang dipimpin Asisten 1 Syahrul Syaher bersama 16 camat dan 82 Wali Nagari se Agam.

Piala Bakti Adiprada dan piagam penghargaan,rombongan nagri Simarasok, kecamatan Baso Agam itu juga mendapatkan uang dari Mendagri sebesar Rp 100 juta.

Tim dari nagari yang telah mengharumkan nama Sumatera Barat di tingkat nasional itu, tiba di BIM pukul 08.00 WIB dipimpin Bapak Bupati Agam Indra Catri didampingi Ketua Tim penggerak PKK Agam NY vita Indra Catri, Wali Nagari Simarasok Muslim Dt Bapayuang Diateh, Camat Baso I Vutu Venda, Ketua Bamus Nagari Simarasok dan Kepala BPPN Agam, Edi Busti.

Dalam penyambutan itu, Irwa Khairul Ananda menyampaikan laporan pelaksanaan lomba nagari /desa/kelurahan berprestasi yang telah dilakasnakan pinilaiannya secara bertahap dimulai dari tingkat kecamatan hingga nasional.

Sementara itu, Bupati Agam mengungkapkan terima kasih atas pembinaan Gubernur Sumbar bersama jajarannya di Pemprov seperti BPM dalam mendukung pelaksanaan pembangunan nagari dan kelurahan di Sumbar. Penghargaan ini, kata Indra Catri, merupakan kedua kalinya diraih Agam dengan basis nagari beragam serta mengandalkan kekuatan yang ada di tengah masyarakat nagari.

Simarasok, nagari yang mengandalkan sektor Pertanian dengan memakai pupuk organik. Serta nagari ini hidup dengan ajaran agama yang kuat. Saat tiba di Agam, piala dan uang Rp 100 juta dari Mendagri diarak keliling kabupaten Agam. “Muslim Dt Payuang Diateh menjelaskan, dalam menggerakkan roda pembangunan di nagarinya, ia dibantu tiga orang staf ahli sebagai pendamping secara sukarela. Mereka terdiri dari 1 orang S1, 2 orang S2 dan 1 orang S3.

Dorongan dari kaum intelektual anak nagari, katanya sangat menentukan majunya sebuah nagari, termasuk merumuskan berbagai kebijakan dalam pembangunan nagari, dan menggerakkan partisipasi masyarakat.

Untuk hadiah yang diraih, menurut Muslim Dt Payuang Diaceh, akan digunakan untuk program nyata dalam pembangunan nagari di masa datang.

Irwan Pryintno dalam sambutannya mengajak daerah lain menjadikan pemberdayaan masyarakat dan nagari di Agam sebagai rujukan guna membangunan ukhuwah Islamiah di berbagai bidang pembangunan SUMBAR ke depan. Sebagai apresiasi atas prestasi ini. Irwan Prayitno memberikan penghargaan paket umrah untuk wali nagari, Ketua LPMN dan Ketua TP PKK Nagari Simarasok. (Padang Ekspres)

http://www.agamkab.go.id

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 24 Agustus 2011 in Berita lainnya

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s