RSS

Pengangguran Potensi Masalah Sosial di Pessel

14 Agu

Angkatan ker­ja lulusan setingkat SLTA  terus ber­tambah dan menimbulkan dam­pak. Pada tahun 2011 ini saja ang­ka­tan kerja itu bertambah 5.715 orang.

Dengan demikian, total angka­tan kerja di Kabupaten Pesisir Selatan mencapai 30 ribu orang. Angkatan kerja tersebut tidak banyak yang melanjutkan pendi­dikan dan pada umumnya hingga kini belum memiliki pekerjaan alias penganggur terselubung.

“Ini menjadi persoalan di Kabupaten Pesisir Selatan dan berdampak pada stabilitas daerah bila tidak segera diatasi. Lulusan SLTA kita belum dibekali dengan keterampilan yang memadai, kecuali lulusan kejuruan. Untuk itu, pemerintah meng­himbau para lulusan untuk membekali diri dengan ketrampilan melalui lembaga keterampilan,” ungkap Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit, Jumat (12/8) di Painan.

Terkait angkatan kerja lulusan SLTA, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengingatkan tidak ada harapan dapat bekerja sebagai PNS di pemerintahan pada tahun 2011 ini.

“Soalnya mulai tahun ini, pemerintah tidak lagi menerima Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari lulusan setingkat SLTA.

Sementara penerimaan sendiri juga akan dibatasi sekadar untuk menyisip PNS yang memasuki masa pensiun,” kata Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit.

Disebutkannya, menghadapi kondisi ini, masyarakat, terutama orang tua dan anak mesti mengubah cara pikir bila hendak menyekolah kan anak, sekolah jangan semata mata untuk dapat diterima menjadi PNS. Bila harapan jadi PNS itu tetap ada, maka salah satu jalannya tamatan SMA mesti melanjutkan lagi ke perguruan tinggi untuk me­menuhi persyaratan, jika tetap masih ingin bersaing menjadi PNS.

Disebutkannya, kalau tidak sebaiknya masuk ke sekolah kejuruan agar memiliki keterampilan dasar yang bisa dijadikan sebagai bekal selepas SLTA, apalagi kalau per­ekonomian masih terbatas.

“Untuk hal itu, Pesisir Selatan telah membangun beberapa SMK dan tidak lagi membangunan gedung SMA yang baru. Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi meningkatnya angka pengangguran. Dengan bekal keterampilan di sekolah kejuruan, mereka bisa diterima di lapangan usaha swasta atau bahkan membuka lapangan usaha sendiri,” kata Nasrul Abit lagi.

http://www.harianhaluan.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 14 Agustus 2011 in Berita Pessel kini

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s