RSS

Pesona Alam Pesisir Selatan Ranah Minang

10 Agu

Pantai berpasir putih yang memanjang dari utara ke selatan membatasi daerah ini dengan Samudera Hindia. Keindahan alam yang begitu memukau, tersembunyi di sana; di sepanjang 234 km pantai Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Teluk Painan

Selama ini orang lebih banyak mengenal Padang dan Bukittinggi sebagai daerah tujuan wisata di Sumatera Barat. Lainnya, mungkin Payakumbuh, Batusangkar, atau Padang Panjang yang masih berada di wilayah Darek (pegunungan). Padahal masih banyak daerah lainnya yang juga menyimpan sejuta pesona keindahan alam yang memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Salah satunya adalah Pesisir Selatan.

Daerah ini merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Dengan luas wilayah 5.749,89 km2, Pesisir Selatan menyimpan potensi wisata pantai yang besar, di sepanjang 234 km pantai yang memanjang dari utara hingga ke selatan kabupaten ini. Bisa jadi, daerah ini merupakan salah satu kabupaten dengan garis pantai terpanjang di Indonesia.

Pesisir Selatan berbatasan langsung dengan Kota Padang di sebelah utara dan Provinsi Bengkulu di sebelah selatan, serta dengan Kabupaten Solok dan Provinsi Jambi di sebelah timur dan Samudera Hindia di sebelah barat. Dengan ibukotanya Painan, daerah ini berjarak kurang lebih 77 km dari Kota Padang, Ibukota Provinsi Sumatera Barat, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 atau 2 jam.

Perjalanan dari Padang menuju Painan dapat ditempuh dengan transportasi darat. Dengan ongkos sekitar Rp 20.000, Anda bisa menumpang bus ukuran sedang atau ukuran kecil. Selain itu, para pelancong juga dapat menggunakan taksi atau bus pariwisata yang bisa disewa dari Padang.

Bus yang melayani jurusan Padang-Painan akan berhenti di Terminal Sago yang berjarak 5 km dari pusat kota Painan. Untuk melanjutkan perjalanan ke pusat kota, Anda dapat menggunakan angkutan kota (angkot). Selain itu, sejumlah bus yang melayani penumpang ke beberapa kecamatan di ujung selatan Pesisir Selatan biasanya akan melewati pusat kota.

Wisata Pantai

Pesisir Selatan memang sangat kaya dengan potensi wisata. Garis pantai yang panjang menghidangkan keindahan yang nyaris tiada duanya di dunia. Lautan luas yang dimiliki, menyuguhkan pulau-pulau kecil yang menyimpan keindahan tiada tara. Riak-riak ombak yang tidak henti bernyanyi menghampiri landai pantai. Pokoknya keindahan itu tidak akan mengecewakan, bahkan para pelancong akan betah untuk berlama-lama menikmati pesona pantai di Pesisir Selatan.

Pantai Carocok Painan

Berada di pusat kota Painan, Anda bisa mengujungi Pantai Carocok yang berada dalam kawasan Kecamatan IV Jurai. Kota Painan sendiri memang berada di pinggir pantai, yakni Pantai Carocok. Di sebelahnya, Bukit Langkisau turut memagari kota ini. Dari puncak bukit ini akan tampak pemandangan yang sangat menakjubkan. Tata letak alamiah alam ini benar-benar membuat kota kecil ini begitu memesona.

Dengan membayar retribusi sebesar Rp 3.000, Anda sudah bisa memasuki kawasan objek wisata Pantai Carocok. Pantai ini selalu ramai dikunjungi orang pada sore hari, apalagi pada hari-hari libur. Selain pemandangan alam dan pantainya yang indah, bermain banana boat dan kapal wisata menjadi pilihan yang menarik menjelang menikmati sunset di pantai ini.

Selain itu, bagi Anda yang hobi memancing, jangan lupa untuk membawa alat pancing jika punya kesempatan mengunjungi Pantai Carocok. Anda bisa memuaskan hasrat memancing dengan naik kapal wisata menuju dua buah pulau yang berada tidak jauh dari Pantai Carocok, yaitu Pulau Kereta dan Pulau Cingkuak yang masih terdapat benteng peninggalan Portugis. Ikan-ikan di sepanjang perairan ini cukup menarik untuk dipancing.

Di arah selatan, setelah melewati perbatasan Padang dan Pesisir Selatan, juga terdapat objek wisata pantai yang lebih memukau lagi, yakni Kawasan Mandeh (Mandeh Resort). Objek wisata ini terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan yang berbatasan langsung dengan Padang, berjarak sekitar 56 km dari Padang dengan waktu tempuh sekitar 56 menit.

Gerbang masuk kawasan ini dapat dicapai melalui laut dan jalan darat. Jika naik kapal bisa dari Pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur atau dari Pelabuhan Muara Padang, serta dari Teluk Tarusan. Sedangkan melalui jalan darat terdapat dua alternatif yang berbeda, yaitu dari Carocok Tarusan dan dari Sungai Pisang Padang.

Kawasan pulau Mandeh

Kawasan Mandeh sudah dikenal baik di tingkat nasional maupun internasional karena adanya investor asing dari Italia yang mengembangkan resort wisata Cubadak Paradiso. Bahkan Kawasan Mandeh telah menjadi destinasi utama kebijakan sektor pariwisata kebaharian yang dimasukkan ke dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama Biak dan Bunaken. Kawasan Wisata Mandeh memang sangat menjanjikan untuk dijadikan tujuan investasi.

Dari Utara ke Selatan

Pemandangan alam pantai yang menakjubkan ini bahkan bisa dinikmati di sepanjang jalan kabupaten ini. Bahkan dalam perjalanan dari Kota Painan hingga menuju perbatasan dengan Provinsi Bengkulu, Anda akan dimanjakan oleh pesona pantai Pesisir Selatan di sepanjang jalan. Dari Kota Painan menjelang Kecamatan Batang Kapas, jalan raya tepat berada di pinggir pantai, yakni Taluak Tampuruang. Di kawasan ini, Anda dapat melihat gugusan Pantai Carocok, Pulau Cingkuak dan Pelau Kereta yang dipagar Bukit Langkisau dari kejauhan.

Taluak Tampuruang Batang Kapas

Menjelang Kecamatan Sutera, tepatnya di Bukit Teratak, pesona pesisir pantai dan laut di daerah ini akan kembali membuat Anda takjub saat menyaksikannya dari ketinggian. Jika berangkat dengan kendaraan sendiri, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk singgah sejenak di Bukit Teratak yang berada di pinggir jalan raya. Pemandangan sunset dari ketinggian bukit yang memagari kawasan Pantai Nyiur Melambai Taratak ini juga cukup menarik.

Pantai Nyiur Melambai

Lebih ke selatan, ada kawasan Pantai Pasir Putih di Kecamatan Lengayang yang juga berada di pinggir jalan raya. Kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak muda dan rombongan keluarga di setiap hari libur. Bahkan pada momen Lebaran, kawasan ini selalu dipadati oleh pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Jangan heran, jika kemacetan panjang selalu mewarnainya. Apalagi setiap Lebaran, selalu ada perayaan dan pusat keramaian di objek wisata ini.

Di Kecamatan Ranah Pesisir juga terdapat sebuah pantai yang indah, yakni Pantai Sumedang. Sama seperti Pantai Pasir Putih, objek wisata ini juga menjadi salah satu tujuan wisata bagi banyak orang dari sejumlah daerah. Dulunya, juga terdapat arena permainan anak seperti kapal wisata di kawasan ini. Selain itu, para pengunjung juga dihibur dengan iringan musik dari keyboard yang sengaja ditampilkan.

Begitu mempesonanya alam Pesisir Selatan membuat kita betah menikmatinya berlama-lama, dan ingin kembali lagi. Tapi tentu harus berkunjung dulu untuk pertama kalinya.

http://wisata.kompasiana.com

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 10 Agustus 2011 in Pessel Objek Wisata

 

Tag: , ,

2 responses to “Pesona Alam Pesisir Selatan Ranah Minang

  1. Rahayu

    28 September 2011 at 20:20

    Ijin share y…utk mengobati kerinduan tanah kelahiran,kota Painan.šŸ™‚

     
    • Eri

      30 Oktober 2011 at 12:08

      Dengan senang hati,..silahkan…smoga tetap ingat sama kampung halaman, walaupun jauh di rantau. Rantaunya di mna Buk??

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s